Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul
“SISTEM KOMPUTER”, yang mana makalah ini disususn bertujuan untuk
memenuhi tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer dalam menempuh
pendidikan di Universitas Islam Kalimantan.
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul
“SISTEM KOMPUTER”, yang mana makalah ini disususn bertujuan untuk
memenuhi tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer dalam menempuh
pendidikan di Universitas Islam Kalimantan.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan
dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan
pembaca.
dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan
pembaca.
Demikian
makalah ini penulis susun, apabila ada
kata- kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar-
besarnya.
berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar-
besarnya.
Penulis
|
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar.................................................................................. i
Daftar Isi......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................... 2
1.
Sistem Komputer ............................................................... 2
a.
Pengertian Sistem........................................................... 2
b.
Pengertian Komputer .................................................... 2
c.
Pengertian Sistem Komputer ......................................... 2
d.
Komponen-komponen Komputer ................................. 3
1.
Hardware .................................................................. 3
2.
Software.................................................................... 9
3.
Brainware................................................................. 11
4. Operasi Sistem Komputer ....................................... 14
BAB III PENUTUP......................................................................... 15
|
BAB
I
PENDAHULUAN
Komputer merupakan
alat modern yang
tidak bisa dilepaskan
dari
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia
mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan
harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia
mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan
harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak
sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau
garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu
membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan
referensi yang banyak.
Makalah ini
kami susun sangat
simpel agar para
pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya,
Kami
selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat
dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca.
dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca.
|
BAB
II
PEMBAHASAN
1. Sistem Komputer
a. Pengertian Sistem
Sistem
berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak.
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak.
b. Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer
adalah elemen-elemen yang
terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
hardware).
Dengan
demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware).
Contoh sederhananya, siapa
yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia.
Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut
jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur
Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol,
|
memori,
dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan
oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen - komponen dalam sistem komputer
terbagi 3, yang tidak
bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
· Processing Device
· Input Device
· Output Device
· Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
· Operating System
· Application Program
· Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware (
Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat
kita sentuh secara
fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,
maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,
maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
· Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
|
dengan
peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Dalam
komputer-komputer modern, kedua
unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-
instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-
instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic
Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan
semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR, NOT ), dan
pelaksanaan perbandingan
(membandingkan dua slot
dengan kesetaraan).
2. CU
( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-
|
instruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat
input ke memori utama. Mengambil data dari memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
akan disajikan ke alat output.
input ke memori utama. Mengambil data dari memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
akan disajikan ke alat output.
Selain
itu CPU juga
memiliki beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
utama.
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan
untuk menyimpan instruksi
yang sedang
diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya.
memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya
kegunaan umum yang
berhubungan
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator
|
4. Memory
Data Register ( MDR )
Digunakan
untuk menampung data
atau instruksi
hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan
oleh CPU.
5. Memory
Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori
utama yg akan diambil atau yg akan
diletakkan.
Selain
register, beberapa CPU
menggunakan
suatu cache memory yang mempunyai kecepatan
sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
proses dari memori utama lebih lambat dibanding
kecepatan register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
suatu cache memory yang mempunyai kecepatan
sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
proses dari memori utama lebih lambat dibanding
kecepatan register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
·
Input
and Output Device
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya disana ,
dapat
berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa
ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
|
macam
ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer
yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
· Keyboard
· Pointing Device
Mouse
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
· Scanner
· Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer
yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya antara lain
adalah :
· Monitor
· Printer
· Speaker
· Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak
dapat menyimpan
semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih
besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
|
1. Internal Storage
Adalah
media penyimpanan yang
terdapat didalam komputer yaitu :
·
RAM
( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur
sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur
RAM terbagi menjadi empat
bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat
input.
2. Program Storage
Digunakan
untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan
untuk menyimpan data
yang akan
diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
·
ROM
( Read Only Memori )
Memori
yang hanya bisa dibaca
dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
|
saat
pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold
booting
atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan
cara memprogram
kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
hanya dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.
Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.
3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi
penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
· Floppy
Disk
· Hard Disk
· CD Room
· DVD
· Hard Disk
· CD Room
· DVD
2. Software (
Perangkat Lunak )
Rangkaian
prosedur dan dokumentasi
program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.
· Operating System
|
Sistem operasi atau operating
system
ialah Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer.Ada beberapa
macam system operasi
diantaranya adalah :
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer.
diantaranya adalah :
Linux
Windows
Mac OS
Mac OS
Tugas
sistem operasi termasuk (tetapi tidak
hanya)
mengurus
penjalanan program di atasnya, koordinasi Input,
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software.
Sistem
operasi, menentukan program
yang mana
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui
detail dari semua
alat elektronik
yang terhubung.
· Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan
atau
disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan
untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan
untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
Microsoft Word
Microsoft Excel
Microsoft Excel
|
CorelDraw X4
Dll
Dll
· Language
Program
Language Program atau bahasa pemrograman
adalah
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer
yang
digunakan
untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
Visual basic
Turbo pascal
Delphi
Turbo pascal
3. Brainware
Brainware
adalah orang yang
mengoperasikan sebuah komputer, karena jika
tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2. Operasi
Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU
dan sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke
memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah
hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren
untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke
memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah
hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren
untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
|
Pada sistem komputer yang lebih maju,
arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus
Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan
jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP)
dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front
Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih
rendah yang terhubung dengan bus lain yang
lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi
antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung
jawab sinkronisasi bus
yang secara tak
langsung juga mempengaruhi sinkronisasi
memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan aliran
data hingga pada satu waktu, bus hanya
berisi data dari satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini
disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide
Semiconductor) . Chip
CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak
terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa
elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input
Output System) .
Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak
terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa
elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input
Output System) .
Bootstrap program utama, yang biasanya
terletak di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama
dan melakukan inisialisasi
terhadap program
dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .
Bootstrap program utama kemudian akan mencari
dan meload kernel
sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal
|
tertentu,
sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system call atau juga dikenal
dengan istilah monitor call . System/Monitor call ini akan menyebabkan trap yaitu
interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau permintaan terhadap
layanan sistem operasi. Trap ini juga sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang
dikenal sebagai ISR
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang
ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-
alamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang
ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-
alamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk
menyimpan alamat instruksi yang di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack
bersama-sama dengan informasi state saat
itu.
|
Sistem
Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer
terdiri
dari manusianya (brainware), perangkat
lunak (software), set instruksi
(instruction set), dan
perangkat keras (hardware).
Komponen
- komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
· Processing Device
· Input Device
· Output Device
· Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
· Operating System
· Application Program
· Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah
sinkronisasi. Karena itu dalam operasi sistem
komputer untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. Untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa
buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama
akan memeriksa hardware-hardware utama.
Pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware,
sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven.
System Calls
Komputer
digunakan untuk melakukan suatu proses yang dikehendaki user. Oleh
karena itu harus ada suatu bentuk komunikasi antara user dan hardware.
Komunikasi itu terjadi dalam bentuk system calls. SO melalui shell-nya
akan menangkap perintah dari user yang kemudian akan dikomunikasikan
melalui system calls. Disinilah peran SO sebagai jembatan komunikasi
antara user dan hardware itu terjadi. System calls
itu sendiri umumnya ditulis dalam bahasa C dan C++.
Mengenai shell, shell itu sendiri secara
umum adalah layer yang berfungsi sebagai interface antara
user dan inti dalam sistem operasi (kernel). Melalui shell, user dapat
memberi perintah-perintah yang akan dikirim ke sistem operasi, sehingga shell
ini merupakan layer yang menerima interaksi dari user secara langsung.
Shell dalam SO secara umum dibagi menjadi 2, Command Line(CLI)
dan Graphical(GUI). Jadi dengan kata lain, system calls
berperan sebagai interface dalam layanan-layanan yang disediakan oleh
sistem operasi.
|
BAB III
PENUTUP
|
Demikian
yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada
umumnya. Apabila makalah ini terdapat kekurangan
maupun kesalahan dalam
penulisan/pembahasan kami mengucapkan mohon maaf. Terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar